berikut sedikit informasinya! enjoy!
Nama Silvia sendiri diambil dari platform S yang
merupakan flagship Nissan untuk sport. Silvoa sendiri memiliki berbagai
macam panggilan di selurauh dunia seperti 200SX untuk Eropa, 240SX untuk
Amerikadan 180SX untuk pasaran JDM (khusus untuk tipe S13 dan S14).
Diperkenalkan pertama kali pada Tokyo Motor Show
1964 dengan nama asal Datsun Coupe 1500.Basic-nya diambil dari keluarga
Fairlady yang dimodifikasi oleh designerAlbrecht Goertz.
Kode chassis nya CSP11 yang dibekali dengan 1.6 lter bertenaga 96hp
Nissan R Engine twin carburator. Generasi ini dibuat hanya 554 unit yang
tersevar di Jepang, Australia dan Amerika.
Generasi kedua biasa disebut S10. Ini merupakan
fase dimana Nissan fight back dari gempuran Toyota dan Mazda pada segmen
sport coupe. Kali ini S10 dibekali mesin L18, yang juga mesin yang sama
digunakan Datsun 610/datsun Bluebird 180B. Pada perkembangannya S10
dibekali dengan mesin L20B yang lebih bertenaga, hingga sedikit mampu
mengacaukan pasar Toyota Celica pada masa itu (era awal 1970) yang pada
segmen ini, S10 juga bersaing dengan Citroen SM di pasaran Eropa.
Generasi selanjutnya mempunyai kode S110. Ini
merupakan generasi Nissan S yang secara resmi dipanggil nama Silvia
(Gazelle di Amerika, dan Datsun Sakura di Meksiko).Ini adalah generasi
pertama dari Silvia yang sudah menggunakan mesin dengan force induction
turbo (Z engine) yaitu terdiri dari 1.8 L SOHC Z18ET I4, 2.0 L SOHC Z20E I4,2.2 L SOHC Z22E I4 dan 2.0 L DOHC FJ20E I4.
Platform S110 memang disiapkan untuk kepentingan race, dimana chassis
dan bodi sudah mendapatkan design khusus dengan bahan khusus yang kuat
namun tetap elastic untuk berbagai manufer.
Umur S110 memang tidak terlalu panjang karena
segera disempurnakan oleh 240RS yang menjadi pintu gerbang masuknya
Silvia pada dunia sport. Mesinnya menggunakan2.4 L DOHC FJ24 I4
. Hasilnya memang sangat memuaskan team Nissan dan menjadikan Silvia
begitu di cari di seluruh dunia. Silvia berhasil mencatat sukses pada
ajang WRC pada tahun 1983-1985.
Masuk generasi Silvia S12.Ini merupakan era Silvia
modern dimana nantinya berakhir pada silvia S15. S12 diproduksi dengan
tiga tipe berbeda yaitu coupe/Notchback, Hatchback dan chassis custom
wide body (hanya dibuat 50 unit seluruh dunia). Ini juga kali pertma
Silvia diberi gear box automatic. Mesin yang digunakan juga sudah
memasuki era injection yaitu CA18DET DOHC yang secara performance
mendekati RB Series pada Nissan Skyline hanya saja dengan 4 silinder
segaris. Silvia S12 sendiri terbagi menjadi 2 generasi yaitu MKI dan
MKII dengan perbedaan pada bodi part seperti bumper, lampu dan side
skirt.
Tidak hanya itu pada generasi terakhir, S12 dibekali mesin yang lebih bertenaga CA20DET dan beberapa mesin lain 2.0 L SOHC CA20E I4,1.8 L SOHC Turbo CA18ET I4, DOHC Turbo CA18DET I4,3.0 L SOHC V6 VG30E , 2.0 L DOHC FJ20E I4, 2.0 L DOHC Turbo FJ20ET I4.
Pada pertengahan 1988, Silvia S13 diluncurkan. Tipe
ini sangat digemari di Amerika dan Jepang. S13 juga dikenal sebagai
Nissan 240SX di Amerika. S13 juga dikenal sebagai basic platform Nisan
Cefiro A31. Lampu head lamp sudah menggunakan system projector yang pada
masa itu masih jarang sekali mobil yang menggunakan. Pada tipe ini
mesin legendaries Nissan SR20DET diperkenalkan.Mesin ini berkarakter
turbo yang lebih bertenaga dengan bahan mentah mesin yang juga lebih
ringan. SR20 series juga bisa dibedakan pada warna coverhead-nya dimana
masing-masing warna mempunyai arti performance yang berbeda. Tidak hanya
itu,S13 juga memeperkenalkan salah satu trade mark Nissan yaitu
teknologi multi-link rear suspension yang sebelumnya diperkenalkan pada
beberapa mobil Nissan Concept seperti MID4. S13 juga ditawarkan dengan
system four wheel yang lebih akrab disebutHICAS-II. Dan pada 1990,
HICAS-II berganti nama denganSuperHICAS. Tipe ini juga yang pertama
diperkenalkan dengan teknologi limited slip differential .
Pada akhir 1993, Silvia S14 dirilis. Ini adalah
pertama kali Nissan menggunakan teknologi variable valve timing. S14
juga merupakan seri pertama Silvia yang di yuning secara resmi oleh
Nismo dan Autech. Mesin SR20DET juga menggunakan ukuran turbo yang lebih
besar yaitu T28 buatan Garett.S14 Nismo (Nismo 270R) merupakan
collector item yang sangat diburu. Hanya dibuat 50 unit dan semuanya
pada tahun 1994. Fiturnya antara lain 270R vented hood, Nismo ‘Edge’
Aero kit, heavy duty clutch/kopling, 2-way limited slip differential dan
front mount intercooler.
Generasi terakhir dari Nissan Silvia adalah
S15.versi standarnya saja bertenga 250 hp dengan mesin SR20DET terbaru.
Versi ini sangatlah digemari terutama di Australia, Jepang dan Amerika
untuk drifting. Padananmesin, chassis dan aksen mengemudi yang sangat
pas untuk kebutuhan sport . ada 2 tipe yang paling di gemari adalah
Spec-R dan Spec-S. perbedaan secara umum pada gear box, ukuran rem dan
beberapa fitur lain. Debut S15 di dunia racing juga tidak usah
dipertanyakan.Beberapa kali juara dunia drift dan rekor itu masih
bertambah jika ditambahkan dengan kejuaraan lokal di Jepang dan Amerika
yang menggunakan S15.Tidak hanya drifting, pada balap touring Super GT,
S15 dengan sukses bersanding dengan saudaranya Nissan Skyline pada GT300
dan GT500.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar