Sabtu, 05 Mei 2012

sejarah nissan silvia

kali ini gw bakal ngasih info tentang mobil yang sudah menjadi legend dalam dunia drifting NISSAN SILVIA
berikut sedikit informasinya! enjoy!

Nama Silvia sendiri diambil dari platform S yang merupakan flagship Nissan untuk sport. Silvoa sendiri memiliki berbagai macam panggilan di selurauh dunia seperti 200SX untuk Eropa, 240SX untuk Amerikadan 180SX untuk pasaran JDM (khusus untuk tipe S13 dan S14).
Diperkenalkan pertama kali pada Tokyo Motor Show 1964 dengan nama asal Datsun Coupe 1500.Basic-nya diambil dari keluarga Fairlady yang dimodifikasi oleh designerAlbrecht Goertz. Kode chassis nya CSP11 yang dibekali dengan 1.6 lter bertenaga 96hp Nissan R Engine twin carburator. Generasi ini dibuat hanya 554 unit yang tersevar di Jepang, Australia dan Amerika.
silvia2
Generasi kedua biasa disebut S10. Ini merupakan fase dimana Nissan fight back dari gempuran Toyota dan Mazda pada segmen sport coupe. Kali ini S10 dibekali mesin L18, yang juga mesin yang sama digunakan Datsun 610/datsun Bluebird 180B. Pada perkembangannya S10 dibekali dengan mesin L20B yang lebih bertenaga, hingga sedikit mampu mengacaukan pasar Toyota Celica pada masa itu (era awal 1970) yang pada segmen ini, S10 juga bersaing dengan Citroen SM di pasaran Eropa.
4352503059_0488591586_o
Generasi selanjutnya mempunyai kode S110. Ini merupakan generasi Nissan S yang secara resmi dipanggil nama Silvia (Gazelle di Amerika, dan Datsun Sakura di Meksiko).Ini adalah generasi pertama dari Silvia yang sudah menggunakan mesin dengan force induction turbo (Z engine) yaitu terdiri dari 1.8 L SOHC Z18ET I4, 2.0 L SOHC Z20E I4,2.2 L SOHC Z22E I4 dan 2.0 L DOHC FJ20E I4. Platform S110 memang disiapkan untuk kepentingan race, dimana chassis dan bodi sudah mendapatkan design khusus dengan bahan khusus yang kuat namun tetap elastic untuk berbagai manufer.
B31580-2
Umur S110 memang tidak terlalu panjang karena segera disempurnakan oleh 240RS yang menjadi pintu gerbang masuknya Silvia pada dunia sport. Mesinnya menggunakan2.4 L DOHC FJ24 I4 . Hasilnya memang sangat memuaskan team Nissan dan menjadikan Silvia begitu di cari di seluruh dunia. Silvia berhasil mencatat sukses pada ajang WRC pada tahun 1983-1985.
bs110-240rs-fj24_0
Masuk generasi Silvia S12.Ini merupakan era Silvia modern dimana nantinya berakhir pada silvia S15. S12 diproduksi dengan tiga tipe berbeda yaitu coupe/Notchback, Hatchback dan chassis custom wide body (hanya dibuat 50 unit seluruh dunia). Ini juga kali pertma Silvia diberi gear box automatic. Mesin yang digunakan juga sudah memasuki era injection yaitu CA18DET DOHC yang secara performance mendekati RB Series pada Nissan Skyline hanya saja dengan 4 silinder segaris. Silvia S12 sendiri terbagi menjadi 2 generasi yaitu MKI dan MKII dengan perbedaan pada bodi part seperti bumper, lampu dan side skirt.
FullWhiteHeader
Tidak hanya itu pada generasi terakhir, S12 dibekali mesin yang lebih bertenaga CA20DET dan beberapa mesin lain 2.0 L SOHC CA20E I4,1.8 L SOHC Turbo CA18ET I4, DOHC Turbo CA18DET I4,3.0 L SOHC V6 VG30E , 2.0 L DOHC FJ20E I4, 2.0 L DOHC Turbo FJ20ET I4.
Nissan_13_silvia
Pada pertengahan 1988, Silvia S13 diluncurkan. Tipe ini sangat digemari di Amerika dan Jepang. S13 juga dikenal sebagai Nissan 240SX di Amerika. S13 juga dikenal sebagai basic platform Nisan Cefiro A31. Lampu head lamp sudah menggunakan system projector yang pada masa itu masih jarang sekali mobil yang menggunakan. Pada tipe ini mesin legendaries Nissan SR20DET diperkenalkan.Mesin ini berkarakter turbo yang lebih bertenaga dengan bahan mentah mesin yang juga lebih ringan. SR20 series juga bisa dibedakan pada warna coverhead-nya dimana masing-masing warna mempunyai arti performance yang berbeda. Tidak hanya itu,S13 juga memeperkenalkan salah satu trade mark Nissan yaitu teknologi multi-link rear suspension yang sebelumnya diperkenalkan pada beberapa mobil Nissan Concept seperti MID4. S13 juga ditawarkan dengan system four wheel yang lebih akrab disebutHICAS-II. Dan pada 1990, HICAS-II berganti nama denganSuperHICAS. Tipe ini juga yang pertama diperkenalkan dengan teknologi limited slip differential .
silvias142
Pada akhir 1993, Silvia S14 dirilis. Ini adalah pertama kali Nissan menggunakan teknologi variable valve timing. S14 juga merupakan seri pertama Silvia yang di yuning secara resmi oleh Nismo dan Autech. Mesin SR20DET juga menggunakan ukuran turbo yang lebih besar yaitu T28 buatan Garett.S14 Nismo (Nismo 270R) merupakan collector item yang sangat diburu. Hanya dibuat 50 unit dan semuanya pada tahun 1994. Fiturnya antara lain 270R vented hood, Nismo ‘Edge’ Aero kit, heavy duty clutch/kopling, 2-way limited slip differential dan front mount intercooler.
silvia_s15_spec_r
Generasi terakhir dari Nissan Silvia adalah S15.versi standarnya saja bertenga 250 hp dengan mesin SR20DET terbaru. Versi ini sangatlah digemari terutama di Australia, Jepang dan Amerika untuk drifting. Padananmesin, chassis dan aksen mengemudi yang sangat pas untuk kebutuhan sport . ada 2 tipe yang paling di gemari adalah Spec-R dan Spec-S. perbedaan secara umum pada gear box, ukuran rem dan beberapa fitur lain. Debut S15 di dunia racing juga tidak usah dipertanyakan.Beberapa kali juara dunia drift dan rekor itu masih bertambah jika ditambahkan dengan kejuaraan lokal di Jepang dan Amerika yang menggunakan S15.Tidak hanya drifting, pada balap touring Super GT, S15 dengan sukses bersanding dengan saudaranya Nissan Skyline pada GT300 dan GT500.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar