Sabtu, 05 Mei 2012

sejarah gitar

Haii, kali ini gue bakal ngasih sedikit informasi tentang GITAR!so..enjooy
Gitar telah dimainkan orang sejak 1000 tahun yang lalu. Dan dalam bentuk yang sederhana, hanya menggunakan kawat atau senar yang terbuat dari kawat tipis serta badannya terbuat dari kayu yang ringan berbentuk kotak, sanggup mengasilkan suara yang merdu.
Gitar termasuk dalam keluarga harpa yang sering dimainkan oleh orang India. Gitar tertua ditemukan di daerah Mesopotamia, Mesir, dengan bentuk leher yang panjang dan dihiasi lukisan-lukisan yang sangat bagus. Di Turki diketemukan juga alat ini, tetapi bentuk badannya terbuat dari fibre glass dan terdapat lubang untuk resonansi yang hampir mirip dengan gitar zaman sekarang.
Pada Abada Pertengahan, gitar sangat populer sebagai alat permainan di rumah-rumah. Dan pada zaman ini pula gitar mempunyai peranan yang sangat penting dan tidak kecil artinya dalam membangkitkan semangat heroik untuk berjuang melawan musuh, serta dipakai dalam acara-acara resmi pada kerajaan atau kaum bangsawan dalam mengadakan pesta-pesta.
Tidak seperti keyboard atau violin, gitar mempunyai perjalanan sejarah yang panjang. Dari zaman ke zaman terdapat perubahan-perubahan, baik dalam bentuk, ukuran kawat atau senar, juga besar kecilnya gitar. Begitu pula dengan teknik-teknik memainkan gitar, banyak teknik dan variasi baru dalam bermain gitar muncul hingga melahirkan gitaris-gitaris kelas dunia seperti Jimmy Hendrix, Yngwie Malmsteen, Eddie Van Halen, Joe Satriani, dan lain-lain.
Pada Abad XVI dicetaklah secara besar-besaran buku-buku petunjuk permainan gitar serta karya-karya terkenal dalam musik gitar sehingga pada Abad XX gitar telah benar-benar populer yang juga telah menjangkau seluruh lapisan masyarakat di dunia.
Tidaklah mengherankan bila sekarang ini telah banyak bermunculan sekolah-sekolah gitar karena gitar telah menjadi sebuah alat yang sangat penting apalagi dalam sebuah grup band. Entah apa jadinya bila sebuah grup band tanpa menggunakan gitar, hambar tentunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar